Opini

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2008

Sejak kejatuhan Orde Baru pada 1998 silam, perayaan Hari Peringatan Kesaktian Pancasila pada setiap tanggal 1 Oktober memang seperti kehilangan makna. Padahal peristiwa 43 tahun silam itu menjadi pertanda betapa Pancasila sebagai dasar negara tidak akan tergantikan oleh paham lainnya.

Lantas, bagaimanakah mahasiswa UK Petra memaknai Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober. Tim DwiPekan berhasil menghimpun beberapa pernyataan mahasiswa UK Petra tentang makna Kesaktian Pancasila menurut mereka.

Olva Lita Ully Tadoe Sastra Inggris '07
"Kita harus belajar dari Kesaktian Pancasila itu. Kita wajib melihat kembali saat kudeta PKI digagalkan dan berkaca pada prosesnya. Jika saat itu Angkatan Bersenjata (AB) kita hanya menuntut atau berharap keadaan membaik tanpa berusaha maka sudah pasti Pancasila akan jatuh. Mereka mengambil langkah kongkrit dengan mengangkat senjata.

Kita, mahasiswa, juga jangan hanya menuntut dan menjadi penonton tanpa bertindak. Kita harus berjuang lewat apa yang bisa kita lakukan, yaitu belajar dan berkarya.

Lewat perjuangan AB saat itu, Pancasila dapat tetap hidup. Hal itu menjamin kebebasan kita dalam beragama kepada Tuhan dan respect terhadap sesama. Tanpa Pancasila, saya yakin Indonesia tidak dapat bersatu melawan ancaman disintegrasi".


Tri Rama Nugraha Manajemen Perhotelan '06
"Hari Kesaktian Pancasila menjadi tanda bahwa semua kalangan di Indonesia bisa hidup berdampingan. Gerakan komunis itu mengancam kehidupan bernegara. Indonesia adalah negara religi yang multikultural, tidak cocok dengan faham komunis. Pancasila adalah dasar negara paling tepat buat bangsa ini. Selain itu, keberadaan faham komunis bisa membunuh budaya minoritas di Indonesia.

Dengan Pancasila, Indonesia tetap bisa mempertahankan kebanggaan sebagai bangsa kaya budaya."


Sandra Adishesa - Teknik Industri '06
"Pancasila adalah lambang rasa cinta terhadap tanah air. Pancasila kan dasar negara, kalau kita tidak paham bagaimana kita mau mencintai? Selama ini, orang cuma tahu meaning Pancasila tapi tidak menghayati dalam kehidupannya.

Efek dari Kesaktian Pancasila adalah Indonesia jadi punya dasar negara yang tetap untuk diyakini. Hal itu menjadikan kita sebagai warga negara punya dasar untuk menghadapi masalah dalam kehidupan bernegara.

Pancasila juga tidak perlu diragukan lagi, adalah alat pemersatu bangsa."

Arie